Welcome...

Komp. Pinang Griya Permai, No. 3A, Ciledug Tangerang Telp. 021-7310046 / 081283899456 / 0818-06360-811

Kamis, 14 Juni 2012

Ganti transmis se-gelondong, estimasi membengkak..

Repot juga kalo punya mobil trouble dan divonis harus ganti se-gelondong. Harga transmissi copotan minim 6jt. Siapa yang ga' panik? Tapi pihak bengkel pasti ga' mungkin sembarangan memberikan saran seperti itu. Pasti ada alasannya. Kami ingin sedikit bagi pengalaman tentang mobil yang harus ganti transmisi se-gelondong.

Mobil second, dan tidak tahu bagaimana perlakuan pemilik sebelumnya
Penting sekali untuk memastikan mobil yang akan anda beli dalam keadaan sehat. Tidak hanya yang tampak dari luar, tapi juga keadaan mesin. Siapa tau mobil yang anda beli adalah mobil yang bermasalah. Wow, bisa rugi donk. Periksakan saja mobil anda ke bengkel terdekat, kepercayaan, atau kalau punya kenalan yang ngerti mesin (hemat biaya ^^). Minim bisa di scan (jasa scan hanya Rp. 150.000,- *tergantung jenis mobil). Pernah ada langganan kami yang baru beli mobil. Baru pakai beberapa bulan sudah ada trouble. Tidak harus ganti segelondong memang. Tapi, cukup menguras kocek, dan bisa bikin rugi jutaan rupiah. Ada juga yang terpaksa ganti gelondongan, karena sepertinya pemilik sebelumnya kurang merawat mesin/telat ganti oli/bahkan mengakali supaya tidak over haul. Tapi malah kerusakannya makin parah. Jalan satu-satunya ya, ganti se-gelondong.

Bisa jadi kerusakan fatal, padahal hanya 'bocor'
Akhir-akhir ini bengkel kami sering didatangi pelanggan dengan keluhan yang sama, 'bocor'. Simple memang, terkadang ada pelanggan yang mengira masalah kebocoran ini bisa ditangani dalam waktu sehari-dua hari, atau bahkan sejam-duajam. Padahal untuk dapat memastikan asal kebocoran, cukup makan banyak waktu. Mending cuma ganti oli, atau over haul yang makan waktu minim 3 hari. Apalagi kalau sudah oli yang 'meler'. Bayangkan saja, oli mengalir dan melumasi seluruh bagian mesin mobil. Pelanggan kami, pemilik mobil Mitsubisi Galant, mengeluh terjadi kebocoran oli pada mobilnya. Saat dapat izin untuk membelah bagian transmissinya, kami mendapati bahwa seal converter, dan brakebandnya sudah tidak bisa dipakai. Ditambah lagi ternyata converternya adalah milik Mitsubishi Lancer (ko' bisa sih?).

Anda bisa terus melakukan komunikasi dengan pihak bengkel saat mobil anda diperbaiki. Sehingga anda tidak terkejut saat estimasi membengkak.

Walau sedikit pengalamannya, tapi semoga bermanfaat :)

3 komentar: