Istilah 'over haul' adalah merekondisi transmisi. Yang sudah akrab
ditelinga adalah 'turun mesin'. Sebenarnya kurang tepat jika dikatakan
turun mesin. Karena mesin tidak hanya turun, tetapi juga dilakukan
perbaikan agar kembali pada kondisi standardnya.
Umumnya, overhaul dilakukan setelah pemakaian selama 5 tahun tergantung pemakaian. Jika timbul gejala kopling selip yang terlihat pada tak berimbangnya putaran mesin dengan laju mobil. Mesin sudah meraung di putaran tinggi, tetapi mobil tidak berjalan. Dengan laju seimbang, perpindahan gigi perseneling juga mengentak, tidak halus seperti biasa ( jedug ). Hal ini bisa dicek dengan memasukkan perseneling ke posisi D atau R, lalu di rem lepas. Dalam keadaan sehat, mobil langsung bergerak. Jika tidak, berarti ada yang tidak beres dengan transmisi mobil matic anda.
Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam over haul, yaitu : Mengganti paking set (semacam kertas tebal, berfungsi mencegah kebocoran), berikut seal-seal nya (semacam karet fungsinya juga mencegah kebocoran) , mengganti filter oli, dan mengganti kanvas kopling (clutch disc). Jumlah kanvas kopling dalam transmisi matic lebih banyak dari manual. Jumlahnya 12-16 keping, tergantung jenisnya. Tidak semuanya diganti baru. Hanya yang tidak bisa dipakai, dengan ciri-ciri 'aus' dan terkikis. Begitu pula dengan steel disc. Juga part-part lainnya yang perlu diganti. Mengecek kinerja konverter, dan pompa oli pada transmisi, sampai body valve.
Kegiatan perbaikan ini tidak cukup sampai disitu saja. Pasti di tes jalan dulu setelah memasang kembali transmisi. Jika sudah nyaman, mobil sudah siap anda pakai dan bawa pulang. Jika belum, ya pasti ada analisa lanjutan. Terkadang masalah juga timbul dari luar transmisi matic.
Untuk jasa over haul, bengkel kami membandrol harga rata-rata Rp, 2.000.000,- (tergantung jenis mobil), tidak termasuk part-part yang diganti. Jika part tersedia, pengerjaannya bisa minimal tiga hari. Maksimal menunggu ketersediaan part yang dibutuhkan.
Mobil soluna matic saya tahun 2001 di gigi D dia seperti tidak main otomatic oper giginya dan seperti hanya gigi 3 saja 1,2 dan 4 nya tidak berfungsi otomatis ngopernya, kira kira apanya, berapa lama service dan biayanya mohon info buat gambaran
BalasHapusTroble seperti ini biasanya electrical system. Sudah pernah dilakukan scaner dengan alat?.
Hapusmaaf....ini syirik ya pak....segera kembali ke jalan yg benar
Hapussaya punya mobil toyota avanza matic,kalu mau masuk d gigi mundur mobil nya tidak mau bergerak/jalan.tapi kalu maju bisa,,kira'' apa pemersalahanya,kalo mau ganti kompenanya,kira''apa dan berapa ongkos nya,
BalasHapusBang mobil saya toyota crown RS 2.0 matic tahun 1992. Dulu pernah divonis harus ganti kampas kopling. Udah saya ganti dan harga kampas mahal gila 7,5 juta merek alto. Tp masalah makin berat, akselerasi loyo, gigi ga bisa pindah otomatis, harus main gas, gigi empat juga ga nyantol. kalo abis dipanasin juga g bisa langsung jalan normal, butuh rpm tinggi untuk jalan. Tp sesuai saran tes mesin hidup dan pinfah gigi dr N ke D ada hentakan namun g langsung jalan. Kalau seperti itu berapa budget yang harus disiapkan untuk perbaikan itu bang?
BalasHapusnuhun
Galant V6 1995. Kalo maju roda tdk bs lansung gerak, baru bs gerak kalo ditunggu lama bgt. Itupun kalo pas gerak terasa gigi menghentak jedug. Kalo pas roda pas gerak, pedal rem dilepas roda lsg gerak maju. Tapi kalo mundur bs normal, roda mundur lsg bergerak. Pedal rem dilepaspun roda mundur lsg bergerak. Jadi masalahx kalo pas maju aja.
BalasHapusApa yg hrs diperbaiki ya?
Budget kira2 brp ya?
Galant V6 1995. Kalo maju roda tdk bs lansung gerak, baru bs gerak kalo ditunggu lama bgt. Itupun kalo pas gerak terasa gigi menghentak jedug. Kalo pas roda pas gerak, pedal rem dilepas roda lsg gerak maju. Tapi kalo mundur bs normal, roda mundur lsg bergerak. Pedal rem dilepaspun roda mundur lsg bergerak. Jadi masalahx kalo pas maju aja.
BalasHapusApa yg hrs diperbaiki ya?
Budget kira2 brp ya?
Galant V6 1995. Kalo maju roda tdk bs lansung gerak, baru bs gerak kalo ditunggu lama bgt. Itupun kalo pas gerak terasa gigi menghentak jedug. Kalo pas roda pas gerak, pedal rem dilepas roda lsg gerak maju. Tapi kalo mundur bs normal, roda mundur lsg bergerak. Pedal rem dilepaspun roda mundur lsg bergerak. Jadi masalahx kalo pas maju aja.
BalasHapusApa yg hrs diperbaiki ya?
Budget kira2 brp ya?
Maaf baru balas
BalasHapusKerusakan seperti bro Andy keluhkan utk mobil galant. biasanya karena mekanical yg rusak. penyebabnya turunnya tekanan oli, tekanan oli turun bisa karena filter buntu bisa juga karwna seal2 yg sdh tua. perbaokannua kisaran 8jtan.
Mobil saya vellfire 2010 om..kadang seperti ada hentakan jedug gtu saat masuk D atau mulai jalan.kira2 kerusakan dmn ya?apakah aman bila mobil msh dipakai harian.terima kasih
BalasHapusMobil saya vellfire 2010 om..kadang seperti ada hentakan jedug gtu saat masuk D atau mulai jalan.kira2 kerusakan dmn ya?apakah aman bila mobil msh dipakai harian.terima kasih
BalasHapusMasukkan komentar Anda...mobil sy vw carravelle thn 2000...ini ga mau maju ga mau mundur..tp klo mesin ny msih mau nyala..it rusak ap ny y?trus biaya ny brp?
BalasHapusBang mohon pencerahan. Saya pakai carens II thn 2004. Matic kayak tidak ada masalah. Dari P ke D lepas rem mobil jalan. Mundur juga sama lepas rem bisa jalan. Tapi di posisi 1 dan 2 loyo jadi tidak kuat tanjakan. Problemnya kira2 apa ya bang ?
BalasHapusMobil saya avanza matic 2011 type G 1300 cc...kenapa mobil pada saat kecepatan 80-100 km/jam di kondisi jalan menurun begitu injak rem tenaga nya hilang dan digas mesin meraung...seperti kopling selip atau ngelos gitu, problemnya kira-kira apa ya ? Dan mesti tindakan bagaimana ?
BalasHapusSaya pakai Camry 2.4 tahun 2004, baru2 ini ada kendala saat mesin dingin masuk D ga mau jalan, gejala seperti jni kenapa ya?
BalasHapusMobil saya avanza matic tahun 2005..pada saat perpindahan gigi ada suara seperti ban bocor ngeseess dan ketika gigi sudah pindah suara normal lagi.. Mohon pencerahannya. Mksh
BalasHapusmobil saya bmw e36 320i mesin M52 vanos tahun 95, indikator gear nyala di dashboard. di scan ada eror di dme, terus di reset ilang. test lagi geber di jalan kosong, posisi D, pas nyampe 140km/jam bunyi jedug terus indikator gear(tanda seru) nyala lagi. mobil jadi lemot. di scan lagi muncul error speed monitoring error, kata bengkelnya mesti overhaul matic transmisi diganti clutch2 nya. biaya bisa kena 8 jtan.
BalasHapusmohon pencerahannya. kalo pun mesti bongkar bisa kurang ga kira2 dari estimasi itu?
Wuih..sy jg sama e36 M52B20, skrg kl masuk R kadang bisa mundur kadang gak bisa, abis brp ya kira2 kl overhaul
HapusGan mau tanya kalau overhaul spare partnya aja habis brp?mobil grand Livina 2007.terima kasih
BalasHapusMobil saya inova disel metic 2006 klw masuk D dan R kadang2 jedug itunkira2 apanya pak?
BalasHapus